• home
Home » » Tokoh Tokoh Besar

Tokoh Tokoh Besar

1. Alexander Graham Bell , Penemu Telepon.
Alexander Graham Bell yang lahir di Edinburgh 3 maret 1847 adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil.
Tak lama sesudah petennya diterima, Bell mempertontonkan telepon dalam pameran 100 tahun kota Phidelphia. Penemuannya menarik perhatian besar publik dan mendapat penghargaan atas hasil karyanya. Akan tetapi, The Western Union Telegraph Company yang menawarkan uang sebesar $100.000 untuk penemuan alat itu mengelak membayarnya. Oleh karena itu, pada bulan Juli 1877 Bell dkk mendirikan perusahaan sendiri, nenek moyang dari American Telephone and Telegraph Company yang ada sekarang. Telepon dengan cepat dan besar besaran mencapai sukses secara komersial.

Kendati penemuan telepon sudah membuatnya menjadi kayaraya, Bell tidak pernah berhenti melakukan penelitian, dan berhasil menemukan berbagai alat yang berguna walaupun tidak sepenting telepon. Minatnya banyak, tapi tujuan utamanya hanya satu, yaitu menolong orang tuli.
Pada tanggal 2 Agustus 1922, Alexander Graham Bell meninggal dunia di Beinn Bhreagh, yang terletak di Cape Brenton Island, Nova Scotia , Amerika Serikat.
Begitu upacara pemakamannya dimulai, seluruh jaringan telepon di Kanada dan Amerika serikat dimatikan selama satu menit sebagai penghormatan terakhir pada Alexander graham Bell.




2. Louis Pasteur, Penemu Vaksinasi.
Louis Pasteur lahir tgl 27 Desemmber 1822 di kota Dole, Prancis. Tahun 1849, dia menjadi dosen kimia dan mendapat gelar Profesor dan Dekan fakultas sains. Kemudian tahun 1857, Louis Pasteur berhasil memecahkan misteri penyebab fermentasi dan orang pertama yang memahami proses fermentasi.
Berbagai zat yang berbeda dapat mengalami fermentasi karena adanya mikroba.
Louis Pasteur juga menemukan proses pasteurisasi (membunuh mikroba perusak melalui pemanasan)
Loius Pasteur juga membuktikan teori kuman penyakit bahwa 'kuman berasal dari luar tubuh manusia'. Louis menemukan vaksinasi, membuat formula vaksin kolera ayam, vaksin antraks, vaksin rabies dan penemu antiseptik. Karena keberhasilannya, dia mendapat penghargaan Salib Utama Legion D'Honour.
Peranan Loius Pasteur dalam dunia kedokteran sangat besar, terutama pada tahun 1873, saat dia menemukan banyak vaksin (kolera, antraks, dan rabies) dan menyingkap tabir penyakit infeksi yang juga telah merenggut nyawa anak anaknya.
Insitut Pasteur menghasilkan Vaksin Difteri tgl 28 September 1895.
Louis Pasteur meninggal tgl 28 September 1895 di Saint Cloud, Dole, Prancis.
       

      

3.  Christopher Columbus, Penjelajah Besar yang menemukan "Dunia Baru"
Christopher Columbus lahir thn 1451 di Genoa Italia. Pada usianya yang muda, dia sudah menjadi nahkoda kapal dan seorang navigator yang cekatan.
Columbus yakin bisa menempuh perjalanan ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi samudera Atlanti. Oleh karena itulah, Columbus mencoba melakukan pendekatan kepada Ratu Isabella 1 dari Spanyol untuk mendanai ekspedisinya.
Maret 1493, merupakan masa yang paling membanggakan bagi Columbus. Ia berhasil menyelesaikan penjelajahan melintasi Samudera Atlantik , dan menemukan "Dunia Baru".
Raja Ferdinand V dan Ratu Isabella I dari Spanyol memberikan gelar kepada Columbus sebagai komandan laut, dan memberikan jabatan Gubernur di pulau mana pun yang berhasil dijelajahinya. Akan tetapi, Columbus bukanlah pemimpin yang baik. Ia pun dipecat dan dikirim pulang ke Spanyol dengan tangan terbelenggu.
Sesampainya di Spanyol, Columbus dibebaskan, tetapi tidak pernah diberi jabatan lagi.
Columbus meninggal pada 20 mei 1506 , usia 55 tahun dalam kemiskinan.


0 comments:

Post a Comment