• home
Home » » Dinosaurus Masa Cretasius

Dinosaurus Masa Cretasius

Dinosaurus

Kali ini kita akan membicarakan beberapa Jenis2 Dinosaurus, langsung saja kita baca info2 yg ada di bwh ini :D.....

1. Quetzalcoatlus
Nama                      : Quetzalcoatlus (diambil dari nama dewa Meksiko, Quetzalcoatl yang mengambil bentuk seekor naga terbang )
Kelompok               : Pterosaur
Tempat Tinggal      : Texas
Masa Hidup            : Akhir periode Cretasius ( 65 JTL)
Rentang Sayap      : 10,6 m
Ciri Khusus             : Sayap Lebar, leher panjang, rahang yg sangat panjang.

Tahukah Kalian ?
Quetzalcoaltlus merupakan salah satu binatang terbang terbesar yg pernah ada. Saat ini, burung dengan rentang sayap terbesar adalah Albatrus, sepanjang 3,3 m.

2. Elasmosaurus
Nama                       : Elasmosaurus ( Kadal Pelat Tipis)
Kelompok                : Plesiosaurus
Tempat Tinggal       : Kansas
Masa Hidup             : Akhir Periode Cretasius ( 69 - 66 JTL)
Panjang                  : 13m
Ciri Khusus             : Leher panjang dengan 71 tulang belakang.
Makanan                 : Ikan
Musuh Utama         : Reptil perenang besar, contoh : Tylosaurus

Tahukah Kalian ?
Ilmuwan pertama yg mempelajari Elasmosaurus membangun kerangka dengan cara yang salah. Ia meletakan kepala di ujung ekor, mengiranya ekor yang pendek sebagai leher, dan leher yg panjang sebagai ekor.

3. Tylosaurus
Nama                     : Tylosaurus ( kadal penghantam )
Tempat Tinggal     : Kansas
Masa Hidup           : Akhir periode Cretasius ( 85 JTL)
Panjang                : 9 m
Ciri khas               : Tubuh yg panjang, tungkai seperti kayuh, dan ujung penghantam di moncong.
Makanan               : Ikan, ammonit, dan reptil laut lain.

Tahukah Kalian ?
Tylosaurus diberinama Rhinosaurus ketika pertama kali ditemukan. Akan tetapi, itu adalah nama kadal moderen. Jadi namanya diganti menjadi Tylosaurus.

4. Iguanodon
Nama                            : Iguanodon ( gigi Iguana )
Kelompok                      : dinosaurus ornithopoda
Tempat tinggal             : eropa utara
Masa hidup                 : Awal Periode Cretasius (135 - 125 JTL)
Panjang                       : 9m
Ciri ciri khusus           :Jari pertama memiliki tanduk tajam besar sebagai pertahanan diri dan uuntuk mengoyak pohon.
Makanan                      : Tumbuhan
Musuh Utama              : Neovenator

Tahukah Kalian ?
Jari kelima Iguanodon kecil & lentur, dan digunakan seperti ibu jari.






















5. Olorotitan
Paruh bebek merupakan pemakan tumbuhan utama pada akhir periode Cretasius. Mereka disebut paruh bebek karena mulutnya tampak seperti paruh seekor bbek. Paruh ini digunakan untuk mengoyak pepohonan. Bagian belakang mulutnya memiliki serangkaian gigi pengunyah besar untuk mengunyah bagian tumbuhan yg paling keras sekalipun. 
Olorotitan artinya angsa raksasa, termasuk kelompok ornithopoda, bertempat tinggal di Rusia.

6. Tarchia
Ankylosaurus adalah kelompok hewan berpelindung paling berat yg pernah ada. Lempengan pelindung tersusun di punggungnya, sehingga tampak sekuat tank. Mereka juga dipersenjatai beberapa dengan tanduk yg mencuat keluar di sisi tubuhnya dan yg lainnya dengan gada di ekornya. 
Tarchia artinya berotak, dinamakan seperti itu karena rongga otak yg lebih besar dibanding ankylosaurus yg lain, tetapi binatang ini tidak secerdas namanya.
Tarchia termasuk kelompok Thyreophoran, tempat tinggalnya di Asia.

7. Stygimoloch
Pada akhir periode Cretasius, sekelompok dinosaurus yg disebut marginosephalian berevolusi. Satu kelompokdari marginosephalian adalah si kepala tulang. Binatang seesar kambing ini mempunyai sepotong tulang yg sangat besar di kepalanya yg dipakai sebagai penyodok. Salah satu kepala tulang yg tampak paling aneh adalah Stygimoloch.
Fosil tengkorak dinosaurus langka karena tulang2 lunaknya menjadi serpihan2 setelah mereka mati. Tengkorak marginosephalian berbeda. Tengkorak mereka sangat padat sehingga banyak yg menjadi fosil, sekalipun sisa rangka yg lain telah hancur. 

8. Triceratops
Triceratops merupakan salah satu dinosaurus yg paling mudah dikenali. Hewan ini memiliki tubuh besar seperti badak dan kepala bertulang keras dengan tiga tanduk terhunus. Mereka menjelajahi daratan Amerika Utara dalam kawanan pada akhir zaman dinosaurus.
Triceratops memiliki paruh besar di bagian depan mulutnya. Mereka menggunakan paruh itu untuk mendorong pucuk2 daun dan ranting dari semak semak & pepohonan. Ia memiliki gigi pemotong di bagian belakang ulut, serta kantung pipinya untuk menyimpan makanan saat dikunyah. 

9. Suchomimus
Makhluk mengerikan ini termasuk kelompok dinosaurus yg disebut spinosaurida. Hewan pemakan ikan ini hidup pada awal Periode Cretasius. Suchomimus menggunakan cakarnya untuk mengail ikan keluar dari air, melemparnya ke darat, lalu memakannya.
Suchomimus adalah dinosaurus yg sangat kuat. Tengkoraknya seperti buaya, dengan moncongnya yg panjang, serta sejumlah gigi yg tajam. Gigi gigi ini membantunya menggenggam permukaan licin kulit ikan yg bersisik.

10. Tyrannosaurus Rex
Semenjak ditemukan sekitar seratus tahun lalu, Tyrannosaurus telah diaggap sebagai salah satu dinosaurus paling mengerikan yg pernah hidup. Dengan berat lebih dari 6 ton, Tyrannosaurus menjadi kekuatan tak terbendung saat mulai menyerang.
Tyrannosaurus merupakan pemburu mengerikan. Sisa sisa dinosaurus paruh bebek pernah ditemukan sudah tercabik cabik dalam bentuk yg pas dengan mulut Tyrannosaurus. Pernah ditemukan fosil kotoran Tyrannosaurus yg penuh dengan potongan tulang hewan pemakan tumbuhan terbesar saat itu.
Sekian info dari saya kalo ada kata2/kesalahan mohon dimaklumi karena saya masih anak kecil :D XD

1 comments: